12 Rekomendasi Jenis Usaha Makanan yang bisa Dititipkan di Warung

Bisnis makanan kini sudah banyak ditekuni. Jika Anda juga ingin memulainya, maka ini bisa dilakukan dengan menjalankan usaha makanan yang bisa dititipkan di warung. Ide usaha seperti ini pun ada banyak sekali pilihannya, sebagaimana dalam penjelasan berikut ini.

Sebelum lebih jauh mengelola usaha jenis ini, Anda wajib mempelajari contoh analisis SWOT produk makanan ringan, karena dengan mempelajari hal ini akan memudahkan Anda dalam mengaruhi bisnis snack ini.

Contoh Jenis Usaha Makanan yang bisa Dititipkan di Warung

Berikut ini adalah beberapa hasil analisis kami tentang daftar peluang usaha di bidang kuliner yang bisa kita rintis lalu kita titipkan di warung terdekat, yaitu:

Gorengan

usaha makanan yang bisa dititipkan

Bisnis pertama yang bisa Anda jalankan adalah menjadi penjual gorengan. Gorengan adalah salah satu camilan yang paling digemari. Pasalnya, gorengan sangat cocok untuk dijadikan teman ngobrol maupun bersantai. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai bisnis di bidang kuliner.

Ada banyak jenis gorengan yang bisa dijual, seperti pisang goreng, tempe dan tahu, ote-ote, sabrang, singkong, dan lain sebagainya. Membuat gorengan tentu tidak membutuhkan banyak bahan, hanya minyak goreng, tempe, tahu, pisang, tepung, cabai, dan minyak. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan.

Jika masih awal, Anda bisa menjual beberapa jenis saja lalu dititipkan di warung. Carilah warung yang mau menerima penitipan gorengan. Usahakan Anda konsisten menitipkan gorengan ketika bekerja sama dengan pemilik warung yang sama.

Keripik Pisang

Keripik pisang juga merupakan salah satu camilan yang banyak disukai. Sudah banyak yang memulai usaha keripik pisang ini dan berkembang pesat. Anda pun bisa menjadi salah satunya. Bahan-bahan membuat keripik pisang tidak banyak dan mudah ditemukan.

Untuk memudahkan promosi, Anda bisa menitipkannya di warung-warung terdekat. Agar menarik minat pelanggan, Anda bisa membuat keripik pisang berbagai rasa, misalnya original, coklat, gurih, dan lain sebagainya. Berikan juga harga yang pas dengan kantong pembeli.

Kue Rumahan

usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Berbagai jenis kue pasar juga bisa menjadi ladang usaha untuk Anda yang baru terjun ke dunia bisnis makanan. Selain bahan-bahannya mudah ditemukan, membuat kue basah juga mudah dan tidak membutuhkan banyak proses yang ribet. Setelah selesai, bungkuslah kue dengan plastik.

Setelah itu, Anda bisa langsung membawanya ke warung di sekitar rumah. Untuk menu kue rumahannya sendiri bisa berubah setiap harinya, agar pembeli tidak bosan. Anda juga bisa memodifikasi kue rumahan agar lebih kekinian.

Adapun contoh-contoh jenis jajanan rumahan yang bisa dijual di warung adalah kue cucur, bolu, brownies, pastel, risoles, donat, dan lain sebagainya. Namun, sebelum mulai produksi, pastikan Anda sudah ahli membuat setiap kue yang akan dijual.

Keripik Kentang

Bisnis keripik kentang merupakan salah satu usaha makanan yang bisa dititipkan di warung. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam bisnis ini adalah memilih bahan kentang dengan tepat. Pemilihan kentang dapat menentukan kualitas akhir keripik Anda.

Setelah itu, persiapkan juga bahan-bahan yang lain seperti tepung terigu, maizena, telur, mentega, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mencampur kentang dengan bahan-bahan tersebut hingga merata lalu goreng sampai matang. Cita rasa yang renyah dan berbumbu adalah value terpenting, fokuslah pada rasa agar konsumen ketagihan.

Agar tampilan keripik kentang berbeda dari yang lain, buatlah berbagai ukuran seperti small, medium dan large. Harga tiap ukuran tentu berbeda dan ini bisa menjadi pemikat minat pelanggan. Anda bisa menitipkan keripik tersebut di beberapa warung untuk memudahkan pemasaran.

Camilan Pedas

usaha makanan yang dititipkan di warung

Berbagai jenis makanan ringan yang rasanya pedas juga bisa menjadi ide bisnis untuk Anda. Camilan pedas merupakan salah satu makanan ringan yang disukai semua orang dan cocok untuk teman bersantai. Ada banyak camilan pedas yang bisa dijual seperti basreng, makaroni, mie lidi, dan keripik.

Tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuat camilan tersebut dan bahannya gampang ditemukan. Anda bisa membuat camilan ini dengan tingkatan pedas yang berbeda, misalnya level 1 sampai 5. Ini akan membuat produk Anda semakin unik.

Roti

usaha-makanan-yang-bisa-dititipkan-di-warung

Anda suka membuat roti? Roti merupakan salah satu jenis produk usaha makanan yang bisa dititipkan di warung. Disini Anda bisa membuat roti bakar dengan bentuk minimalis dan menjualnya di warung. Sediakan juga berbagai pilihan rasa berbeda seperti coklat, strawberry, nanas dan blueberry.

Roti merupakan salah satu makanan yang banyak diincar sebab selain bentuknya yang minimalis dan mudah dibawa kemana-mana, harganya juga terjangkau. Banyak juga orang yang memilih roti sebagai menu sarapan.

Es Lilin

Jajanan semasa kecil seperti es lilin bisa Anda kembangkan di masa sekarang. Pasalnya, es lilin masih menjadi minuman favorit anak-anak sampai saat ini. Bentuknya yang kecil membuat es lilin bisa dibawa bahkan saat bermain.

Agar es lilin Anda laku, buatlah berbagai macam rasa seperti anggur, strawberry, coklat, vanila, durian, jeruk, dan sebagainya. Anda bisa meletakkannya di termos es agar tidak mudah meleleh.

Nasi Bungkus

Menu lain yang bisa Anda jual adalah nasi bungkus. Nasi merupakan makanan sehari-hari masyarakat, jadi, otomatis akan banyak pembelinya, apalagi untuk orang-orang yang malas masak. Anda bisa menjual berbagai macam jenis nasi seperti nasi jinggo, nasi kuning, nasi goreng, nasi bungkus, dan sebagainya.

Siapkan juga menu lauk pauk yang digemari orang pada umumnya seperti ayam suwir, sambal, telur rebus pedas, tempe potong, dan mie goreng. Setelah itu, Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan kertas minyak atau daun pisang. Titipkanlah nasi bungkus ini di warung sekitar rumah.

Anda juga bisa membuat dua jenis berbeda. Misalnya nasi bungkus dengan lauk ikan pindang dan nasi dengan laun ayam. Untuk memudahkan penentuan harga, Anda bisa melakukan riset lapangan terlebih dahulu.

Kerupuk

Kerupuk merupakan salah satu teman makan yang paling banyak disukai. Hal ini merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda.

Anda tinggal membeli kerupuk mentah dengan berbagai bentuk lalu dijemur. Pastikan kerupuk mentah mendapatkan sinar matahari yang cukup agar ketika digoreng bentuknya bisa lebih bagus. Setelah digoreng, Anda bisa membungkusnya dengan jumlah yang sama. Lalu titipkanlah di warung-warung.

Jika Anda tidak ingin menggunakan plastik, maka bisa meletakkannya di toples khusus kerupuk lalu dibawa ke warung. Bisnis kerupuk ini, walaupun harga satuannya murah, tetapi hasilnya akan sangat menjanjikan mengingat peminat dari produk tersebut sangat banyak.

Puding

Tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membuat produk makanan? Mengolah puding adalah solusinya. Pasalnya, membuat puding hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam dalam sehari. Bahan-bahan yang digunakan pun juga tidak banyak dan mudah ditemukan.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan ini diantaranya seperti tepung agar-agar, susu cair, gula pasir dan aneka rasa buah. Anda juga harus menyiapkan cup sebagai tempat puding. Buatlah puding dengan berbagai rasa dan mulai menitipkannya di warung-warung.

Sate Usus

Bisnis sate usus sudah banyak berkembang di berbagai daerah dan ini bisa menjadi ladang usaha juga untuk Anda. Cukup menyiapkan usus ayam dan tusuk sate, Anda sudah bisa membuatnya. Sate usus juga sangat digemari berbagai kalangan.

Rempeyek

Usaha makanan yang bisa dititipkan di warung selanjutnya adalah bisnis rempeyek. Selain kerupuk, rempeyek juga digemari karena rasanya yang gurih. Anda bisa membuat berbagai macam rasa rempeyek dalam produksinya. Letakkanlah rempeyek di toples khusus sebelum dibawa ke warung.

Setelah memahami jenis usaha makanan ringan, jangan salah dalam memilih nama brand produk yang akan anda konsinyasikan ke warung, pilih nama yang tepat. Baca artikel nama unik usaha makanan agar Anda memiliki panduan dalam menjalan peluang usaha ini.