Daftar Pekerjaan di Bidang Jasa Berikut Bisa Anda Coba

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, cobalah untuk melamar pekerjaan di bidang jasa. Pilihan pekerjaan berbasis jasa ini pun sangat banyak. Namun, dalam beberapa jenisnya, profesi ini membutuhkan keahlian khusus. Sedangkan jenis pekerjaan yang bisa Anda coba diantaranya adalah sebagai berikut.

Daftar Pekerjaan di Bidang Jasa

jenis pekerjaan di bidang jasa

Customer Service

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan CS atau Customer Service bukan? Anda bisa melamar menjadi Customer Service di sebuah perusahaan sesuai dengan bidang yang digeluti. Biasanya, CS ini akan membantu para customer yang mengalami masalah atau keluhan terkait jasa di perusahaan tertentu.

Disini, Anda akan membantu para pelanggan mencarikan solusi dari masalah yang dihadapi. Selain itu, Customer Service juga akan memberikan informasi jasa yang ada di perusahaan kepada para pelanggan.

Telemarketing

Selain menjadi Customer Service, Anda juga bisa melamar pekerjaan sebagai seorang Telemarketing. Sama dengan sales pekerjaan ini memiliki job desk melakukan promosi barang atau jasa kepada para pelanggan. Perbedaannya, Telemarketing menawarkan dengan menelpon semua konsumen.

Jadi, Anda tidak perlu mendatangi konsumen satu persatu hanya untuk menawarkan jasa, karena bisa dilakukan dari jarak jauh menggunakan bantuan telepon atau pesan singkat. Zaman sekarang sudah banyak yang membuka lowongan pekerjaan sebagai Telemarketing.

Anda hanya perlu mengecek informasinya saja di internet. Kemudian, ikuti prosedur yang diberikan perusahaan lalu kirim semua persyaratannya melalui alamat sesuai ketentuan.

Mentor Online Atau Guru Private

Pekerjaan lain yang bergerak di bidang jasa adalah menjadi guru private atau mentor. Zaman sekarang, seorang anak tidak hanya belajar di sekolah saja, melainkan juga melalui guru private. Jika Anda memiliki keahlian di pelajaran tertentu, cobalah untuk membuka jasa mentor.

Anda bisa memilih ingin mengajar langsung ke rumah murid atau secara online, tergantung kesepakatan yang dibuat. Jika mengajar secara online, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi video conference sebagai penghubung belajar jarak jauh. Atau, Anda juga bisa melamar di tempat khusus private.

Saat ini, sudah banyak lembaga bimbingan belajar yang tersebar di Indonesia, dan Anda bisa turut menjadi bagiannya. Silahkan penuhi persyaratan yang diminta lembaga saat membuka rekrutmen, dan mulai daftarkan diri.

Penerjemah atau Translator

Anda memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa asing? Jika iya, Anda bisa turut menjadi bagian dari penerjemah atau translator. Di era saat ini, banyak yang membutuhkan jasa di bidang penerjemah. Anda bisa memulainya dengan menjadi penerjemah karya tulis.

Adapun karya tulis yang bisa Anda terjemahkan diantaranya seperti skripsi, buku, novel, film dan sebagainya. Pekerjaan yang satu ini memang sangat menjanjikan. Cukup mengandalkan kemampuan Anda dalam berbahasa asing, sudah bisa menghasilkan uang.

Admin Media Sosial

contoh pekerjaan di bidang jasa

Pekerjaan di bidang jasa yang lain adalah menjadi seorang admin media sosial. Tidak membutuhkan banyak tenaga, Anda cukup bekerja dari rumah dengan memanfaatkan ponsel. Sekarang, sudah banyak yang berhasil menghasilkan uang hanya dengan menjadi admin sosial media.

Perusahaan bisnis online biasanya membutuhkan seorang admin untuk membantu usahanya. Anda bisa melamar pekerjaan disana. Job desknya adalah menjadi jembatan penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Ketika ada konsumen yang bertanya, Anda bisa memberikan informasi.

Konsultan

Menjadi seorang konsultan juga merupakan salah satu pekerjaan yang bergerak di bidang jasa. Ada banyak bidang yang bisa ditekuni oleh jasa konsultan. Diantaranya adalah jasa konsultan untuk olahraga, pendidikan, kesehatan atau gizi, dan lain sebagainya. Namun, menjadi seorang konsultan harus memiliki bekal pengetahuan di bidang tersebut.

Penyunting Atau Editor

Pekerjaan lain yang juga bergelut di bidang jasa adalah penyunting. Istilah lainnya adalah seorang editor. Dalam hal ini, Anda bisa menjadi seorang editor dari berbagai konten seperti video, artikel, dan foto. Bahkan Anda juga bisa menjadi penyunting naskah film.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, Anda bisa mencari informasi perusahaan yang membutuhkan jasa editor dan cobalah untuk langsung melamar. Disini, Anda juga bisa membuka jasa mandiri dan melakukan promosi untuk mendapatkan client. Namun, teknik kedua ini cukup menantang dan Anda harus membangun koneksi sendiri jika memutuskan untuk menerapkannya.

Polisi

Seseorang yang bekerja sebagai polisi juga disebut sebagai pekerja di bidang jasa. Polisi bekerja untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat di sekitarnya agar selalu hidup tentram. Menjadi seorang polisi merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menantang dan bermanfaat bagi banyak orang.

Montir

pekerjaan di bidang jasa

Menjadi montir atau tukang bengkel juga salah satu pekerjaan di bidang jasa yang saat ini banyak peminatnya. Jika Anda memiliki kemampuan memperbaiki kendaraan, cobalah untuk membuka bengkel. Anda bisa memilih tempat yang strategis untuk membangun bengkel agar lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka bengkel cobalah untuk melamar pekerjaan menjadi montir. Zaman sekarang, pekerjaan ini cukup tinggi potensinya karena saat ini kebutuhan kendaraan semakin tinggi.

Jasa Laundry

Membuka jasa laundry juga bisa Anda jadikan ladang usaha. Zaman sekarang, khususnya mereka yang hidup di daerah perkotaan biasanya memiliki kesibukan padat sehingga tidak sempat mencuci pakaiannya. Biasanya, mereka akan menggunakan jasa laundry untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, jasa laundry juga dibutuhkan oleh mahasiswa-mahasiswi yang sibuk dengan kuliahnya dan tidak sempat mencuci baju. Pada intinya jasa laundry memiliki prospek yang sangat tinggi. Ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok.

Namun, jika ingin memulainya, pastikan Anda sudah mendapatkan lokasi yang tepat. Pastikan bahwa lokasi usaha Anda strategis dan mudah dijangkau. Pikirkan juga mengenai kelebihan penawaran jasa Anda dibandingkan kompetitor di sekitar karena umumnya, di lokasi ramai sudah banyak jasa laundry.

Sopir

Memiliki kemampuan mengemudi kendaraan bisa menjadi salah satu keuntungan bagi Ada. Anda bisa melamar menjadi sopir di sebuah perusahaan, namun harus memiliki Surat Izin Mengemudi terlebih dahulu. Jika Anda memiliki SIM A, maka bisa melamar di perusahaan  tertentu sebagai sopir mobil pengangkut barang.

Dalam hal ini, Anda juga bisa melamar di perusahaan startup yang membutuhkan pengemudi untuk mengantarkan penumpang maupun barang ke tempat tujuan. Sebenarnya tidak hanya sopir mobil, Anda juga bisa menjadi pengantar penumpang maupun barang hanya dengan sepeda motor jika bergabung di salah satu startup tersebut.

Tukang Jahit

Pekerjaan terakhir yang juga bergerak di bidang jasa adalah tukang jahit. Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda untuk melayani pelanggan yang ingin menjahitkan pakaian. Jasa ini cukup prospek dan tampaknya tidak akan pernah mati. Jadi, Anda bisa memulainya dari sekarang jika berminat di bidang tersebut.

Hanya saja, sebelum pekerjaan di bidang jasa yang satu ini, Anda harus mempelajari dan berlatih teknik dasar menjahit terlebih dahulu. Jika dirasa sudah mulai profesional, Anda bisa mencoba menawarkan jasa tersebut dan mulai mengembangkan bisnis di bidang ini.