Contoh Pembuatan Nama Unik untuk bisnis Usaha Makanan

Trik membuat usaha memiliki banyak peminat adalah menjual produk yang banyak dibutuhkan oleh para konsumen, seperti usaha makanan. Selain produk yang ditawarkan & untuk mengenal produk Anda, nama unik untuk usaha makanan juga sangat berpengaruh dalam mendatangkan pembeli.

Nama usaha yang unik secara tidak langsung bisa dijadikan sebagai metode pemasaran yang bagus. Syarat penggunaan nama usaha ini harus mudah diingat, trendy, tidak menyinggung pihak manapun, deskriptif, dan memiliki daya jual tinggi. Berikut beberapa jenis contoh memilih nama yang bisa digunakan.

Dalam pemberian nama brand Anda ini, bisa juga menerapkan ilmu analisis SWOT makanan, agar hasilnya juga lebih masuk akal, sehingga bisa melejitkan omset bisnis Anda.

Nama Usaha yang Mengandung Jenis Produk Makanan yang Dijual

nama usaha makanan yang unik

Poin utama untuk memberi nama bisnis adalah memberikan nama jenis makanan yang dijual. Jenis produk makanan yang dijual bisa beragam, mulai dari jenis makanan ringan hingga makanan berat. Cara ini akan membuat calon pembeli mengerti jenis makanan apa yang sedang Anda jual.

Jika menjual jenis makanan ringan berupa camilan seperti keripik, maka bisa memberi tambahan nama unik misalnya “Keripique”, “Crispy Talas”, dan “Makarons”. Nama seperti ini, menjelaskan bahwa jenis makanan yang dijual adalah aneka keripik dan makaroni. Fungsinya juga untuk menarik pelanggan.

Untuk lebih menarik dalam mencari nama, Anda bisa menambahkan varian rasa dari keripik atau makaroni tersebut. Misalnya makarons hot balado, crispy talas pedas, dan sebagainya. Konsumen akan mengerti maksud dari nama produk tersebut, asalkan tidak terlalu rumit & memiliki arti yang jelas

Selanjutnya, untuk produk minuman seperti jus dan es, Anda juga bisa menyelipkan nama jenisnya. Contohnya seperti “Dunia Jus”, “Es Tebu Sehat”, dan “Teh Poci”. Sedangkan contoh nama usaha untuk jenis makanan berat, antara lain seperti “Ayam Bakar Madu”, “Lalapan Lele Istimewa”, dan masih banyak lagi.

Nama Usaha yang Mengandung Nama Pemilik pada Usaha Kuliner

nama makanan unik untuk usaha

Untuk poin selanjutnya ini juga cukup penting, yaitu menyelipkan nama pemilik dalam nama usaha makanan. Trik ini sangat ampuh untuk memasuki pikiran dan hati konsumen. Trik ini memiliki makna agar pelanggan mengingat usaha Anda jika sudah memberi nama usaha dengan nama pemiliknya.

Hal ini berlaku untuk semua jenis usaha makanan dan minuman. Contohnya pada usaha resto, kafe, warung kopi, warung makanan dan usaha kaki lima. Mencantumkan nama owner adalah cara untuk membuat nama unik untuk usaha makanan Anda lebih dikenal, diingat, dan mendatangkan pembeli.

Secara tidak sadar, semua orang akan penasaran dengan usaha makanan atau minuman milik Anda. Apakah memang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi berkali-kali atau tidak. Jika cita rasa yang dimiliki juga enak dan membuat ketagihan, pasti pembeli akan mampir lebih dari satu kali.

Biasanya penyelipan nama usaha dengan nama owner ini sangat umum digunakan pada usaha bakso, mie, kue, sate, dan makanan-makanan berat lainnya. Contohnya seperti nama usaha Gunawan Resto, Bu Habibah Resto And Café, dan Satria Resto. Nama yang dipilih juga bisa nama anak, atau anggota keluarga lainnya.

Sedangkan contoh nama usaha sate misalnya adalah “Sate Pak Agus Madura” dan “Sate Cak Ripin”. Selanjutnya, untuk usaha mie antara lain seperti “Mie Kopyok Jaka”, “Mie Ayam Bu Rohmah’, dan “Sari Mie”. Terakhir, untuk makanan ringan, misalnya seperti “Siomay dan Batagor Mang Ableh”, “Cake Kinan”, “Salad Alvi”, dan masih banyak lagi.

Nama Usaha yang Mudah Diingat dan Sedang Tren

Cara lain agar usaha makanan selalu diingat konsumen adalah memberi nama yang sedang tren. Banyak sekali pengusaha yang kesulitan dalam membuat ide nama yang menarik konsumen. Nama yang sedang populer sangat bisa digunakan karena bisa mendatangkan pembeli yang penasaran.

Semakin mudah nama itu dibaca dan diucapkan, maka akan mudah diingat. Dengan begitu nama bisnis makanan Anda akan luas dikenal dan diminati pembeli. Banyak sekali contoh nama trendy yang bisa ditambahkan pada bisnis makanan. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa diterapkan.

  • Rice Bowl

Rice bowl ini berarti nasi dalam mangkuk. Artinya, Anda menjual makanan dengan lauk yang sesuai konsep yang ditawarkan. Bedanya adalah menggunakan kemasan mangkuk. Orang akan penasaran untuk mencoba makanan dengan konsep baru tersebut.

  • Iceland Cream Area

Dari namanya cocok untuk produk yang dijual adalah es krim. Anda bisa mengemasnya seperti usaha es krim yang sudah ada. Contohnya adalah “Rumah Es Krim Campina” yang telah banyak dikenal luas. Nama yang bagus sebaiknya tidak terlalu panjang, agar mudah diingat.

  • Mie Ceker Setan dan Mie Iblis

Usaha makanan yang sedang marak dan tren adalah mie pedas. Banyak sekali pemilik usaha yang menambahkan kata unik untuk menunjukkan bahwa mie yang dijual memiliki level kepedasan yang ekstra dan membuat orang penasaran mencoba. Mie Ceker Setan dan Mie Iblis disini adalah salah satu contohnya.

Nama Usaha yang Menggunakan Bahasa Daerah

nama unik untuk usaha makanan

Tidak ada salahnya jika ingin memberi nama bisnis makanan menggunakan bahasa daerah. Hal ini akan lebih unik dan mudah diingat. Selain bahasa daerah, Anda juga bisa menambahkan lokasi atau asal makanan tersebut. Berikut beberapa contohnya

  • Pancen Enak Resto

Pancen adalah bahasa jawa yang berarti memang. Penggabungan nama tersebut berati memang restoran ini enak. Penyusunan nama seperti itu, akan menggambarkan pada calon pengunjung bahwa restoran tersebut sangat direkomendasikan.

  • Rawon Raos Eco

Raos eco berati rasa yang enak dalam bahasa jawa. Diharapkan para pengunjung akan merasakan makanan rawon yang berbeda dengan yang lain karena rasanya yang enak. Nama dengan kata bahasa daerah ini akan membuat orang tertarik untuk mampir.

  • Salero Kito Resto

Kata tersebut merupakan bahasa Minang yang berarti selera kita. Bisnis makanan asal Minang seperti rumah makan Padang bisa menggunakan nama ini. Dengan begitu, diharapkan rumah makan akan laris dan mendapat nilai baik dari konsumen jika rasa yang disuguhkan lezat.

  • Mikul Dhuwur Cafe

Mikul duwur artinya menjunjung tinggi. Nama usaha dengan kata ini diharapkan bisa mendatangkan rejeki dan kesuksesan bagi pemiliknya.

Nama Usaha yang Menggunakan Bahasa Asing

nama usaha makanan yang bagus

Agar terdengar berbeda, nama unik untuk usaha makanan bisa menggunakan gabungan dengan bahasa Inggris. Tapi, tetap harus dengan pengucapan yang mudah dan jelas. Tidak perlu terlalu panjang agar calon pengunjung tidak bingung.

Lebih membingungkan lagi jika resep atau menu makanan diberi nama dengan full bahasa Inggris. Beri nama yang singkat dan mudah dimengerti. Jika terlalu rumit, pembeli akan sulit saat memesan makanan.

Selain memberi keunikan, nama usaha menggunakan bahasa Inggris akan terlihat lebih berkelas. Penggunaan nama bisnis dengan kosa kata Inggris memang banyak diterapkan oleh restoran di mall dan lokasi elit. Berikut contoh daftar nama bisnis menggunakan bahasa Inggris tersebut,

  • Meat Bowl
  • Korean Steak
  • Noodle Bar
  • Milky Yes
  • Spoon And Plate
  • Must Tart

Nama Usaha yang Mengandung Doa Dan Makna Positif

Tidak hanya mementingkan keuntungan semata, pengusaha harus memberi nama usaha dengan makna yang baik. Nama bisnis makanan yang baik akan mendatangkan berkah dan rejeki bagi semua yang terlibat di dalamnya.

Cobalah untuk membuat nama bisnis yang mengandung doa. Kalaupun tidak seeksplisit itu, gunakan saja nama yang maknanya positif, sehingga akan membawa hal yang positif juga. Bisa juga dikombinasikan dengan memilih brand dengan satu nama, misalnya Varokah, larizz, Uwenak , dll

Membuat nama unik untuk usaha makanan memang diharuskan. Tujuannya agar pelanggan mudah mengingat nama usaha Anda. Jadi, cobalah cari inspirasi berdasarkan beberapa ide yang telah disebutkan.