Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Mudah Diterapkan

Sebelum memulai suatu bisnis, sangat wajib bagi Anda untuk membuat bisnis plan atau perencanaan bisnis. Apalagi jika bisnis yang Anda pilih adalah bisnis makanan. Beberapa contoh bisnis plan makanan bisa dicari dan dijadikan panduan sebelum mendirikan usaha tersebut.

Perencanaan bisnis harus menerapkan beberapa strategi agar dapat menganalisa target dan segmen pasar. Dengan bisnis plan yang jelas, ini menjadi salah satu cara agar kesuksesan usaha Anda akan lebih tinggi. Berikut adalah contoh perencanaan bisnis makanan yang simpel dan mudah dilakukan.

Hal-hal yang Harus Ada di Bisnis Plan Makanan bagi Pelaku Usaha

contoh bisnis plan makanan

Sebelum membaca referensi contoh bisnis plan makanan, Anda perlu mengetahui apa saja yang harus ada dalam bisnis plan tersebut. Sehingga orang-orang bisa mengetahui seberapa serius kita dalam menjalankan usaha. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Identitas Bisnis

Identitas sebuah bisnis mencakup nama latar belakang bisnis, jenis usaha, alamat lengkap usaha, dan bentuk usaha tersebut dilakukan perorangan atau kelompok. Dalam bisnis makanan, perencanaan alamat usaha dan nama usaha sangat penting untuk dipikirkan sebelum mendirikannya.

Sebuah identitas usaha merupakan awal dari pengenalan usaha ke konsumen. Calon konsumen akan mengetahui detail bisnis makanan Anda melalui hal-hal yang termasuk dalam identitas usaha yang telah ditetapkan seperti nama, alamat, dan jenis produk makanan yang akan dijual di pasaran.

Membangun identitas bisnis harus berpacu pada tujuan yang ingin dicapai, darimana bisnis ini berdiri, hingga analisa target bisnis. Jenis usaha makanannya sendiri saja bisa beragam. Misalnya makanan resto, kedai, warung, atau gerobak. Anda bisa memilih sesuai kemampuan modal.

Lokasi atau tempat bisnis juga perlu diperhatikan sebelum didirikan. Usahakan memiliki pilihan tempat yang strategis dan aman jika dikunjungi. Dalam hal ini, logo juga termasuk dalam identitas usaha. Buatlah desain logo yang menarik dan menggambarkan usaha makanan Anda.

Anda bisa mendesain sendiri atau meminta bantuan ahlinya untuk membuat logo usaha yang bagus dan unik. Sertakan juga nama usaha makanan Anda pada logo tersebut.

  • Visi dan Misi Bisnis

Visi adalah pandangan untuk mencapai tujuan tertentu. Bagi sebuah usaha, visi sangat dibutuhkan untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan yang ingin dicapai, sehingga dapat diwujudkan dengan misi tertentu berupa penyusunan strategi pemasaran atau trik dalam produksi, hingga strategi untuk membuka cabang.

Sedangkan pengertian misi adalah semua langkah, tindakan, dan strategi yang akan disusun untuk mencapai visi yang dibuat. Visi dan misi adalah konsep yang beriringan untuk mencapai target. Target sebuah usaha harus diwujudkan dengan optimal agar mendapatkan keuntungan maksimal.

Penyusunan visi bisnis ini harus mengacu beberapa syarat. Pertama harus berorientasi ke depan agar bisnis berkelanjutan, berdasar pada prinsip masyarakat, dan sebagai wujud kreativitas. Sedangkan usaha di bidang kuliner sendiri memerlukan inovasi-inovasi baru karena bisnis ini sangat ketat persaingannya dimanapun.

Setiap bisnis pasti mempunyai visi dan misi masing-masing. Visi dan misi yang dirancang untuk bisnis kuliner tentunya sangat bergantung pada minat konsumen. Oleh karena itu, Anda harus menyusun visi seperti mendirikan usaha kuliner yang berbeda, misalnya dari segi resep, kemasan, dan tempat.

Manfaat perencanaan tujuan dan tindakan ini adalah sebagai alat untuk menjalankan bisnis. Visi dan misi usaha harus dijalankan dengan benar oleh semua pihak yang terkait dengan bisnis makanan ini. Channel promosi periklanan hingga media banner yang akan diterapkan di lapangan.

  • Deskripsi Usaha

contoh bisnis plan makanan sederhana

Bisnis plan juga harus mengandung deskripsi usaha. Anda bisa mencatat usaha kuliner yang ingin dijalankan seperti apa. Misalnya memproduksi makanan ringan, atau menyediakan makanan jadi di resto atau warung. Lokasi usaha juga perlu dicantumkan.

Kemudian, cantumkan juga bagaimana makanan tersebut diproduksi. Anda harus meringkas setiap langkah pembuatannya.

Makanan apa saja yang akan dijual pun demikian. Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam semua proses bisnis juga harus direncanakan dengan kualitas yang baik dan aman.

Selanjutnya adalah target konsumen. Target pasar sangat penting ditentukan di awal sebelum Anda menentukan produk bagaimana makanan yang akan dijual. Termasuk disini adalah analisa pendukung bisnis lainnya yang relevan.

Deskripsi berikutnya adalah keunggulan produk. Tulis semua keunggulan dan manfaat dari produk yang akan dijual. Sertakan juga terkait pengemasan atau penyajian produk kepada calon pembeli.

Yang terakhir adalah harga. Rencanakan harga produk yang akan dijual kepada pembeli. Sebaiknya beri harga yang tidak terlalu mahal agar dapat dijangkau semua kalangan. Caranya dengan mencari bahan baku yang harganya murah.

  • Detail Produksi

Untuk bisnis kuliner, detail produksi dibutuhkan. Misalnya seperti rincian bahan dan peralatan yang akan dipakai, bagaimana cara pembuatannya, dan bagaimana metode pemasarannya. Berkaitan dengan strategi pemasaran, Anda harus memilih yang dinilai paling efektif dalam mendatangkan banyak konsumen.

Pada bagian ini, Anda juga perlu merangkum proses penerimaan pesanan. Demikian juga dengan bagaimana produk didistribusikan. Analisis tujuan dan detail produksi merupakan bagian penting karena mencakup semua data rinci usaha yang akan dijalankan nantinya.

Rencana pengembangan usaha juga bisa ditambahkan dalam bisnis plan makanan Anda. Pengembangan usaha ini bisa meliputi rencana penambahan karyawan, penambahan gerai, cabang atau waralaba, dan inovasi baru lain yang dapat membuat usaha Anda menjadi semakin besar. Jika perlu modal awal bisa dijelaskan disini.

Contoh Bisnis Plan Makanan dalam Format PDF

contoh bisnis plan makanan pdf

Jika Anda menginnginkan contoh bisnis plan makanan dalam format PDF yang siap anda contek dan aplikasikan, atau sebagai template usaha atau tugas kuliah, berikut ini adalah link download contoh bisnis plan makanan, klik download.

Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan

  • Identitas Perusahaan

Nama Perusahaan: PT. Mulia Sejahtera

Jenis Usaha: Makanan Ringan

Alamat Usaha: Jl. Pahlawan, No. 23 Blitar, Jawa Timur

  • Visi Misi

Visi Perusahaan: Menyajikan makanan ringan yang sehat dan lezat dengan kisaran harga yang terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat

Misi Perusahaan: Menghasilkan produk makanan ringan dari bahan yang higienis dan sehat untuk dikonsumsi serta disajikan dalam kemasan yang modern sesuai selera konsumen.

  • Deskripsi Usaha

Produk: Keripik Pisang Enak

Deskripsi Produk: merupakan produk yang berasal dari olahan pisang dalam kemasan plastik dan terdiri dari berbagai varian rasa

Target Pemasaran: anak-anak, remaja, dan dewasa

Keunggulan Produk:

  • Menggunakan bahan baku mudah didapat
  • Keripik pisang memiliki banyak peminat
  • Banyaknya varian rasa membuatnya lebih menarik
  • Pengolahan produk mudah

Harga: 15-25 ribu, tergantung varian dan ukurannya

  • Detail Produksi

Produk diolah dengan potongan tips sebagaimana keripik pada umumnya dan digoreng menggunakan minyak panas. Kemudian, produk di bumbui sesuai varian rasa yang telah ditentukan.

Produk kemudian dipasarkan secara offline melalui warung-warung disekitar dan secara online melalui media sosial. Produk juga dipasarkan melalui e-commerce.

Analisis yang Perlu Dilakukan Setelah Bisnis Plan Selesai

contoh bisnis plan makanan unik

Setelah menyusun semua poin bisnis plan yang telah disebutkan, kini saatnya melakukan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan singkatan dari analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Analisis ini dapat dimasukkan dalam perencanaan bisnis karena sangat membantu.

Selain analisis SWOT, analisis PEST juga bisa dilakukan. Mengenai ini, kami tulis spesifik contoh analisis SWOT makaman yang bisa membantu Anda memahami lebih clear. Analisis PEST adalah menganalisis secara Political, Economic, Social, dan Technology. Kedua analisis usaha ini akan membantu Anda dalam mengenali usaha Anda sendiri beserta hal-hal yang terkait.

Penyusunan analisis SWOT atau PEST dalam perencanaan bisnis akan dapat memberikan informasi tentang peluang dan resiko yang mungkin dihadapi ke depan. Oleh karena itu, akan didapatkan juga tindakan yang bisa diaplikasikan jika suatu saat bisnis yang dijalankan mengalami kendala.

Tantangan bagi seorang pengusaha pemula adalah membuat perencanaan. Karena jika tidak tepat dalam memahami pasar, usaha tersebut bisa mengalami kendala nantinya. Mengingat akan hal itu, semoga contoh proposal atau contoh business plan makanan yang telah dijelaskan di atas bisa dijadikan pedoman bagi Anda.