Pengertian dan Contoh Analisis SWOT Makanan

SWOT merupakan metode yang diciptakan oleh Albert Humphrey Universitas Stanford, pada tahun 160-170. Metode ini merupakan identifikasi permasalahan pada bisnis, yang bisa Anda terapkan berbagai macam bisnis, termasuk bisnis makanan. Contoh analisis SWOT makanan sendiri sebagai berikut.

Pengertian Analisis SWOT

SWOT merupakan kependekan dari strengths (kekuatan), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan threats (ancaman). Konsep ini bisa Anda gunakan untuk membuat strategi dalam bisnis atau untuk mengembangkan proyek bisnis.

Strength adalah kekuatan, artinya bisnis yang Anda jalankan harus memiliki keunikan atau ciri khasnya tersendiri. Karakteristik inilah yang nantinya bisa memberi keuntungan atau kelebihan jika dibandingkan dengan usaha yang lain. Ini cocok untuk pembuatan proposal usaha.

Agar jualan anda laris, contek saja kumpulan artikel tentang kata-kata promosi produk bisnis Anda.

Weakness artinya kelemahan, yaitu Anda harus mencari tahu kelemahan bisnis, Jika dibandingkan dengan yang lain. Selanjutnya adalah opportunities atau peluang, yaitu bagaimana Anda memanfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

Terakhir adalah threats atau ancaman, yaitu ancaman yang akan dihadapi ketika Anda menjalankan bisnis tersebut. Berdasarkan empat hal tersebut, SWOT dikelompokkan menjadi komponen internal dan eksternal. Komponen internalnya adalah strengths serta weaknesses, sementara eksternalnya adalah opportunities dan threats.

Kelebihan dan Manfaat SWOT

contoh analisis swot produk makanan

Metode SWOT bisa Anda terapkan pada bisnis dibagi menjadi tiga tahapan. Tahapan yang pertama adalah pengumpulan data, selanjutnya analisis, dan yang terakhir yaitu pengambilan keputusan yang strategis.

Metode ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan nilai vital dari suatu usaha, baik yang sudah berjalan atau yang akan mulai dirintis. Kelebihan metode SWOT ini sendiri adalah bisa disesuaikan dengan perkembangan teknologi serta zaman.

Sedangkan manfaatnya adalah bisa membuat jaringan pemasaran menjadi lebih luas, bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah internal perusahaan, hingga membangun relasi bisnis yang baru. Tidak hanya itu, metode ini juga bermanfaat untuk menciptakan inovasi serta pengembangan konsep bisnis yang baru.

SWOT dalam Bisnis Kuliner

contoh analisis swot produk makanan ringan

Metode SWOT bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam jenis bisnis, contoh analisis swot usaha di bidang kuliner. Metode ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha kuliner Anda, sebab perkembangan bisnis kuliner cukup pesat sehingga menimbulkan persaingan yang cukup ketat.

Persaingan inilah yang menjadi dasar kenapa metode SWOT sangat efektif digunakan, supaya bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, metode ini juga dimanfaatkan supaya target pasar bisa terpenuhi serta bisnis tetap bisa dipertahankan.

Perencanaan strategi biasanya dimulai dari yang internal terlebih dahulu. Tujuannya supaya bisa fokus pada sumber daya yang dimiliki serta kapabilitasnya. Dengan demikian, visi misi bisa terwujud, dan Anda memiliki kesempatan untuk semakin memikat konsumen.

Analisis SWOT untuk usaha makanan pada dasarnya digunakan untuk melihat kelebihan serta kelemahan produk makanan yang Anda miliki. Hal ini selanjutnya bisa digunakan untuk melakukan analisa kondisi internal. Selain itu, paling tepat jika Anda melaukan analisa internal dan eksternal. Karena selain kondisi eksternal, faktor internal juga sangat krusial.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

contoh analisis swot makanan

Salah satu contohnya misalanya analisa SWOT pada makanan, bisa Anda lakukan pada produk makanan apapun, baik makanan berat maupun makanan ringan. Makanan ringan ini misalnya adalah kripik tempe, roti, atau kue kering. Sedangkan makanan beratnya misalnya seperti nasi goreng, sate, soto, atau mie ayam.

Dalam contoh kali ini, akan dipaparkan lebih jauh mengenai analisis SWOT pada produk makanan berupa mie ayam. Mie ayam merupakan produk makanan yang banyak kita jumpai, dan keberadaannya sudah menjamur.

Jika Anda ingin terjun pada bisnis ini dan tetap bertahan, tentunya harus mempunyai strategi yang tepat dalam konsep pemasaran maupun penyediaan produknya. Berikut ini contoh analisis SWOT makanan berupa mie ayam yang bisa Anda jadikan patokan. Ini juga bisa menjadi ide peluang usaha bagi Anda. Anda bisa cek kekuatan kelemahan peluang usaha ini.

1. Strength (Kekuatan)

Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu kekuatan yang dimiliki dalam bisnis mie ayam, jika memang sudah memilikinya. Contoh analisis kekuatan ini misalnya sebagai berikut.

  • Produk dikenal masyarakat dengan cukup baik atau sudah terkenal.
  • Harga produk lebih murah dibandingkan yang lain, namun rasa dan kualitasnya tetap terjamin
  • Terdapat berbagai macam varian mie ayam yang menarik dan berbeda dengan yang lain.
  • Mempunyai akun media sosial yang dijadikan sarana promosi, serta tampilan informasi di media sosial yang menarik.
  • Lokasi menuju warung atau tempat berjualan strategis, dan mudah diakses oleh masyarakat.
  • Mempunyai koneksi wifi gratis di tempat berjualan, atau warung cabang (jika jumlah usaha yang Anda miliki lebih dari satu)
  • Penyajian tata letak tempat yang menarik, dan nyaman untuk pelanggan. Tersedia tempat lesehan serta tempat yang menggunakan kursi.
  • Bisa menerima pesanan dalam jumlah yang banyak atau pesanan partai.

2. Weakness (Kelemahan)

Selain kelebihan, Anda juga harus memahami kelemahan-kelemahan di tempat usaha yang sedang dijalankan. Dalam bisnis mie ayam ini, contoh kelemahan usaha ini adalah sebagai berikut.

  • Mie ayam yang tersedia identik dengan menu-menu pedas, jadi pengunjung yang datang adalah penyuka makanan pedas dan tidak banyak variasi untuk pelanggan yang tidak suka pedas.
  • Persediaan yang terkadang kurang sehingga lebih sering kehabisan stok.

3. Opportunity (Peluang)

Langkah selanjutnya Anda harus membuat analisa peluang berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut contohnya.

  • Menu yang sedang digemari masyarakat adalah menu pedas, dan menu tersebut sedang tren di pasaran.
  • Anak-anak muda dan sebagian besar masyarakat menyukai tempat yang menyediakan fasilitas wifi.
  • Pelanggan cenderung akan berlangganan di tempat makan yang menyediakan lebih banyak pilihan variasi.
  • 4. Threats (Ancaman)

Langkah terakhir, Anda harus menuliskan ancaman yang mungkin akan dihadapi dalam bisnis ini. Contoh ancaman tersebut adalah sebagai berikut.

  • Jumlah pesaing dalam lingkungan yang sama cukup banyak
  • Harga bahan baku makanan untuk membuat mie ayam naik, dan otomatis membuat harga mie ayam juga naik.
  • Banyak tempat makan baru yang kemudian meniru atau menjiplak variasi warung makanan Anda.

Setelah Anda melakukan analisis-analisis tersebut, langkah selanjutnya adalah pengambilan keputusan. Langkah ini tentunya bisa diambil berdasarkan analisis yang Anda lakukan sebelumnya. Anda harus mempertimbangkan kekuatan serta peluang, untuk mengembangkan usaha.

Kekuatan yang Anda miliki harus bisa dimaksimalkan sebaik mungkin untuk membentuk karakter atau ciri khas dari usaha tersebut dengan tetap memperhatikan peluang yang ada. Selain itu, Anda harus memperhatikan kekurangannya.

Usahakan keputusan yang diambil juga melihat aspek ini, jadi Anda bisa mengambil langkah untuk meminimalisir kekurangan tersebut. Setelah itu, aspek penting lain yang juga harus dipikirkan adalah ancaman.

Ancaman pastinya akan terjadi pada setiap bisnis. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk mengantisipasi hal tersebut, dengan cara mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan terburuk. Dengan demikian, ancaman bisa Anda minimalisir.

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Analisis SWOT Makanan

contoh analisis swot usaha makanan

Berdasarkan contoh analisis SWOT makanan di atas, Anda bisa mengambil kebijakan tertentu. Contohnya misalnya seperti membuat varian baru untuk pelanggan yang tidak menyukai makanan pedas, dan melakukan promosi melalui media sosial.

Promosi harga juga bisa dilakukan untuk menarik pelanggan. Jadi, pada media sosial, Anda bisa menyebutkan harga asal dan harga promonya. Nah, untuk meminimalisir ancaman Anda bisa menciptakan menu unik khas warung Anda dengan bumbu-bumbu rahasia.

Keunikan ini bisa membantu Anda tetap bertahan pada bisnis mie ayam tersebut, yang pastinya banyak pesaing. Pelanggan akan mengenal Anda karena ciri khas makanan yang berbeda dengan tempat makan lainnya.