5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Agar Tetap Terawat

Memiliki kulit wajah yang terawat dan sehat merupakan impian semua orang. Namun, hal-hal tersebut tidak mudah untuk didapatkan. Faktor alami seperti genetik dan umur, dan faktor eksternal seperti gaya hidup, dan yang lainnya, sangat mempengaruhi kesehatan kulit yang Anda miliki.

Kesehatan kulit tentunya sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari dirimu. Karena akan memberikan rasa percaya diri untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Karena itulah, berikut kami sajikan beberapa cara menjaga kesehatan kulit wajah.

  1. Cuci muka secara rutin

Melakukan aktivitas luar ruangan bisa membuat kulit wajah kusam karena terpapar debu dan sinar matahari. Karena itulah, ada baiknya jika kamu mencuci wajah setelah beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, mencuci wajah juga bisa dilakukan pada saat pagi hari setelah bangun tidur, dan malam hari sebelum tidur.

Untuk meningkatkan efektivitas dalam mencuci wajah, jangan lupa untuk menggunakan skincare wajah. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, beberapa skincare wajah juga memiliki efek lain seperti mencegah jerawat, melembapkan wajah, dan yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, kami akan lanjutkan di poin nomor 3.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Tahukah kamu? Pola hidup merupakan salah satu faktor penting dalam kesehatan kulit wajah. Jika seseorang melakukan pola hidup yang tepat, wajah yang dimilikinya akan terlihat lebih baik. Demikian pula orang yang memiliki pola hidup yang salah, wajah mereka akan terlihat tidak sehat. Kamu bisa mengambil contoh orang yang suka begadang, pecandu alkohol, pecandu narkoba, dan yang lainnya.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Beberapa pola hidup sehat yang harus kamu perhatikan adalah tidur secukupnya (jangan begadang), makan makanan yang bergizi, hindari makanan yang berlemak, terapkan pola makan yang sehat, hindari merokok & asap rokok, dan jangan minum minuman keras.

  1. Gunakan produk skincare

Tak lengkap rasanya jika mencuci muka tanpa menggunakan skincare. Karena itulah, silahkan gunakan skincare terbaik yang cocok untuk kulitmu. Jangan terlalu memperdulikan merek, entah itu produk dari merek luar negeri maupun dalam negeri, yang penting sabun cuci muka tersebut cocok untuk kulit wajahmu. Selain sabun cuci muka, skincare lain yang bisa kamu gunakan adalah serum. Saya merekomendasikan Pond’s Triple Glow Serum dan Pond’s Triple Glow Serum Mask. Karena kedua serum pencerah wajah dari Pond’s tersebut memiliki kekuatan pencerah wajah 60x lebih efektif daripada vitamin C. Sehingga wajahmu bisa lebih sehat, lembut, cerah, dan lembap.

  1. Rutin melakukan eksfoliasi

Langkah selanjutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi sel-sel kulit mati. Bagi yang belum tahu, eksfoliasi ini adalah perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Dengan melakukan eksfoliasi, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan terhindar dari jerawat.

Eksfoliasi ringan bisa dilakukan dengan pembersih asam atau toner non-irritating. Jika ingin melakukannya secara manual, kamu bisa menggunakan waslap atau kain bersih yang lembut. Manfaat lain dari eksfoliasi adalah dapat membantu dalam menghaluskan tekstur kulit, dan membuat produk perawatan kulit lebih mudah diserap.

  1. Hindari stres

Saat sedang stres, tubuh dapat menghasilkan hormon kortisol yang dapat meningkatkan produksi minyak alami pada kulit. Minyak yang terus tertimbun lambat laun dapat menutup pori-pori pada kulit, dan akhirnya menjadi tumbuhnya jerawat. Lalu, bagaimana caranya agar terhindar dari stres? Kami menyarankan agar kamu tidak terlalu terfokus pada apa yang sedang kamu lakukan, entah itu belajar, pekerjaan, atau yang lainnya. Bagaimanapun juga, tubuh manusia harus diistirahatkan dan ditenangkan dengan cara tidur, mendapatkan hiburan, pergi liburan, dan yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi singkat untuk menenangkan pikiran dan hatimu.

Nah itulah cara kesehatan kulit wajah yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sebenarnya masih ada cara lainnya yang lebih efektif, seperti merawat wajah ala artis Korea. Namun, hal tersebut membutuhkan penjelasan yang lebih kompleks dan mungkin mengeluarkan biaya yang besar. Karena itulah, kami hanya menyarankan cara yang sederhana, murah, dan mudah.

Leave a Comment